Materi Siswa Kelas VIII SMP: Teorema Pythagoras

21 01 2010

(Tulisan diambil dari: http://p4mriunsri.wordpress.com)

pythagoras

Di Yunani, sekitar 2.500 tahun yang lalu, hiduplah seorang matematikawan, ilmuwan dan ahli filsafat yang bernama Pythagoras. Dia melakukan perjalanan seperti ke Mesir dan Babylonia dan ia pada saat itu melakukan perjalanan selama berminggu-minggu atau berbulan-bulan dengan jalan kaki atau naik keledai. Dalam perjalanan tersebut Pythagoras belajar tentang musik, astronomi, geometri, kesenian dan ilmu pengetahuan.

Setelah kembali dari Mesir dan Babylonia, Pythagoras menjelaskan kepada murid-murid sekolahnya: apa yang telah dipelajarinya dan bagaimana cara mengkonstruk / membangun sudut siku-siku serta hubungan antara luas dari tiga persegi pada suatu segitiga. Hubungan ini menjadi terkenal dengan nama Teorema Pythagoras.

Teorema Pythagoras berbunyi : “Jika suatu segitiga mempunyai sudut siku-siku maka kuadrat hipotenusa atau sisi miring sama dengan jumlah dari kuadrat kedua sisi yang lain dari segitiga siku-siku tersebut”.

Selengkapnya baca Teorema Pythagoras


Aksi

Information

2 responses

2 02 2010
suroto

ass…
terimakasih buauut tim pengelola blog ini,
mungkin kedepan isi nya lebih dilengkapi sehingga akan menjadi rujukan buaut semua guru yang tertarik dan berkeinginan mengembangkan pengajaran khususnya matematika di kelasnya,,,,
wass…

12 09 2012
martin

terimakasih atas ketersediaan blog ini….

Tinggalkan komentar